For me life is always rolling like a wheel..

Kamis, 08 Desember 2011

Rangkuman Materi TIK Bab I Kelas 9 Part3

C. Ruang Lingkup Internet
        Internet yaitu sebuah kumpulan global ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. Internet telah memungkinkan komunikasi antar komputer dengan menggunakan Transmission Control Protocol atau Internet Protocol (TCP/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan juga paket radio. TCP/IP ibarat bahasa yang dimengerti oleh semua jenis komputer sehingga antarkomputer dapat saling berkomunikasi. Tanpa protokol, protokol tidak akan dapat saling berkomunikasi di Internet.
        Melalui Internet, siapapun dan kapan pun dapat leluasa mengakses berbagai macam informasi dari berbagai tempat. Informasi yang dapat diakses tampak lebih hidup karena tersaji dalam bentuk teks, grafik, animasi, suara, maupun vidio. Selain itu, informasi yang tersedia sangat bervariasi dan selalu aktual (up to date).
       Siapa saja yang terhubung dalam jaringan dapat memperoleh atau memberikan informasi, karena Internet menyediakan fasilitas-fasilitas yang memungkinkan setiap pengakses berbagi informasi. Jaringan Internet juga bisa digunakan sebagai media konferensi.

             D. Layanan di Internet
            1. Surat Elektronik (E-mail)
         Surat Elektronik (electronic mail) yang lebih terkenal dengan sebutan e-mail merupakan layanan Internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan jenis layanan di Internet yang paling populer. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirimkan surat biasa.
          E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Lewat e-mail, para pengakses dapat berkomunikasi dengan para sahabat dimanapun mereka berada. Hanya dalam hitungan detik, surat yang ditulis akan tiba di kotak surat elektronik yang dituju.
          Alamat e-mail pengakses dilengkapi pula dengan kotak surat elektronik yang dapat menampung surat-surat yang dikirim kepadanya. Pengakses dapat menyimpan surat-surat yang dianggap penting dan membukanya kembali dikemudian hari. Alamat e-mail relatif aman, karena terlindungi dengan password sehingga hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja (kecuali apabila ada orang lain yang mengetahui password-nya).


1. Surat Elektronik (E-mail)
         Surat Elektronik (electronic mail) yang lebih terkenal dengan sebutan e-mail merupakan layanan Internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan jenis layanan di Internet yang paling populer. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirimkan surat biasa.
2. Mailing List
        Mailing List sering juga disebut millis. Milis adalah layanan Internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam suatu kelompok (grup) melalui e-mail. Millis sangat cocok untuk koordinasi atau pemeliharaan komunitas-komunitas sesuai dengan minat dan kompetensinya.
3. Internet Relay Chat
        Chatting merupakan layanan dari Internet yang digunakan untuk bercakap-cakap. Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk berkomunikasi secara tekstual. Jadi, pengakses berkomunikasi melalui tulisan yang diketik. Kemudian, rekan pengakses akan membalas dalam bentuk tertulis pula.
4. File Transfer Protocol (FTP)
        Layanan ini digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file dari komputer lain atau sebaliknya. Layanan FTP paling banyak digunakan untuk lalu lintas file, khususnya bagi perusahaan dan organisasi perseorangan. FTP sering juga digunakan untuk mencari dan mengunduh arsip dari sebuah server di Internet yang mempunyai alamat tertentu yang menyediakan berbagai file.
5.  Layanan Multimedia
        Layanan multimedia Internet atau yang dikenal Word Wide Web (WWW) merupakan aplikasi Internet yang paling diminati pengakses. WWW disukai karena mencakup sumber daya multimedia, antara lain suara, gambar, vidio, audio, dan animasi. Oleh karena itu, aplikasi demikian menjadi semacam sarana untuk menyajikan informasi yang interaktif dan atraktif.
6. Friendster
        Friendster merupakan situs web jaringan sosial yang merupakan forum komunikasi antaranggotanya. Fungsi utamanya adalah sebagai wahana mencari teman di seluruh dunia. Friendster dimulai sejak tahun 2002 oleh Jonatrhan Abrams. Friendster telah menginternasionalisasi bahasanya yang semula hanya bahasa Inggris saat ini telah tersedia bahasa Indonesia, bahasa Tionghoa, bahasa Spanyol, bahasa Korea, bahasa Jepang, bahasa Vietnam, dan bahasa Malaysia.
7. Facebook
        Facebook adalah situs web jejaring sosial yang dioperasikan dan dimiliki oleh perusahaan Facebook Inc. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard, dan diluncurkan pada 4 Februari 2004. Fungsi Facebook mirip dengan Friendster Twitter, hanya saja, Facebook lebih terkenal dibanding kedua situs jejaring sosial tersebut.
8. Blog
        Blog (singkatan dari web log) merupakan catatan harian yang ditayangkan secara online. Catatan ini dibuat oleh penulisnya yang disebut dengan blogger. Terdapat jutaan web log di Internet, bahkan setiap harinya bisa tumbuh sebanyak sepuluh ribu blog baru.
        Pada awal kemunculannya, blog tidak serta merta dianggap baik oleh semua kalangan. Saat itu, blog lebih dianggap sebagai tempat di mana seseorang yang bukan siapa-siapa minta diperhatikan lebih. Awalnya memang banyak orang menganggap blog tak lebih dari sebagai publikasi catatan harian seseorang, yang tentu saja bagi kebanyakan orang saat itu dianggap berlebihan. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PryaLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu.
        Blog memiliki fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga web log yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan. Namun, ada juga yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar